Pengalaman Tes (UUO PT) Koperasi Bappenas

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dalam postingan kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya dalam mengikuti Tes Potensi Akademik yang diselenggarakan oleh Bappenas. Sebelumnya saya akan menjelaskan kenapa saya mengikuti tes ini. TPA dibutuhkan oleh beberapa universitas maupun lembaga untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang. Saya mengikuti tes ini untuk memenuhi persyaratan melamar S2.

Informasi terkait TPA UUOPT Bappenas, proses pendaftaran, dan jadwal lebih lanjut dapat anda lihat di laman berikut: http://koperasi.bappenas.go.id/uuopt

Saya sedikit takut dengan tes ini karena membaca beberapa review yang mengatakan tes Bappenas cukup sulit. Namun apa salahnya mencoba? InsyaAllah usaha tidak akan mengkhianati hasil. Benar bukan?

Hal-hal yang harus dilakukan untuk mengikuti TPA Bappenas dari pendaftaran hingga persiapan:
1. Jadwal Tes
 Sebelum mendaftar, ada baiknya anda melihat jadwal tes terlebih dahulu. Bappenas bekerja sama dengan berbagai lembaga penyelenggara di beberapa kota sehingga kamu dapat memilih ingin melaksanakan tes dikota apa. Perhatikan tanggal ujian, tenggat waktu pendaftaran, serta lokasi ujian yang sesuai dengan keinginan anda pada laman yang telah saya share diatas. Setelah menentukan pilihan, anda dapat meng-klik jadwal tersebut sehingga akan muncul kontak person yang dapat dihubungi untuk pendaftaran.

2. Biaya pendaftaran
Selanjutnya adalah biaya pendaftaran. Biaya pendaftaran umumnya Rp. 350.000,- jika kita melakukan ujian di pusat. Namun harga ini dapat berubah tergantung lokasi ujian, menimbang biaya yang harus dikeluarkan jika saya tes di pusat maka saya memutuskan mengikuti tes di kota asal saya, Medan. Walaupun biaya yang harus dibayarkan lebih tinggi.

3. Persiapkan diri
TPA bukan hanya sekedar menghitung namun membutuhkan teknik. Sebenarnya soal yang dikeluarkan tidak membutuhkan jawaban yang panjang, andalkan logika dan jawaban dapat ditemukan dengan cepat. Banyaklah melatih mengerjakan soal TPA. ini sungguh sangat membantu! Saya merasakannya sendiri. Pelaksana TPA bappenas di kota saya bahkan menyediakan grup khusus untuk para peserta sehingga kita bisa berdiskusi dan memberi tips satu sama lain. Sangat membantu!

4. Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup dapat membuat pikiran menjadi fresh dan kinerja otak menjadi lebih maksimal. Jangan porsir belajar pada H-1. Setidaknya itu yang selalu saya lakukan. Agar tidak terlalu stress dan lelah pada saat tes berlangsung.

5. Berdoa
Usaha sudah, tinggal berdoa. Let God do the rest. Usaha tidak akan menghianati hasil, percayalah 😊

Alhamdulillah saya berhasil mendapatkan skor test yang lebih dari cukup dan dapat saya gunakan untuk melamar S2.
Selamat mencoba teman-teman~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SHINee World Concert V in Jakarta

ketemu The Changcuters (lagi) !